Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan pada P.D. Sinar Mulia

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Penjualan
Disusun oleh: Setiyani Purnama
Program Studi Ganda Akuntansi dan Sistem Informasi Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Sistem Informasi Akuntansi berfungsi untuk mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan organisasi, mengubah data tersebut menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen dan menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga aset-aset organisasi. Tanpa adanya Sistem Informasi Akuntansi yang mengawasi aktivitas-aktivitas yang berlangsung, perusahaan akan mengalami kesulitan untuk menentukan seberapa baik kinerjanya dan juga akan mengalami kesulitan dalam menelusuri bagaimana pengaruh-pengaruh dari berbagai aktivitas atas sumberdaya-sumberdaya yang berada dibawah pengawasannya. Oleh karena itu, Sistem Informasi Akuntansi yang efektif sangatlah penting bagi keberhasilan jangka panjang organisasi manapun.

Kebutuhan informasi dibutuhkan oleh perusahaan dalam memproses pencatatan transaksi rutin seperti pencatatan pesanan dalam status back order, pencatatan piutang jatuh tempo, pencatatan penjualan, penerimaan kas, serta pencatatan piutang yang belum tertagih. Perusahaan harus memiliki sistem informasi yang baik antar bagian-bagian dalam perusahaan, agar data-data dari transaksi sehari-hari dapat digunakan oleh seluruh bagian perusahaan sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Sistem Informasi Akuntansi sangat penting untuk keberhasilan jangka panjang suatu organisasi. Oleh karena itu perlunya pengembangan sistem informasi akuntansi penjualan dengan mengidentifikasi kelemahan dalam proses yang berjalan, kebutuhan informasi, dan merancang sistem informasi akuntansi penjualan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Adapun metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah studi kepustakaan dengan mencari referensi teori dan relevansi yang berkaitan dengan pembahasan di buku, studi lapangan dengan melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang terkait diperusahaan dan dengan melakukan pengamatan secara langsung di perusahaan serta metode analisis dan perancangan dengan pendekatan Mathiassen yang berorientasi objek terdiri dari dua tahap kegiatan yaitu tahap analisis dan perancangan. P.D. Sinar Mulia adalah perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1955. Pada awalnya bergerak di bisnis penjualan lampu minyak untuk menyuplai kebutuhan masyarakat yang belum terjangkau listrik. Hingga saat ini perusahaan terus bertahan dengan perluasan produk yang di jualnya seperti lampu dan kompor gas, listrik, dan sparepartnya. Pengembangan sistem informasi akuntansi penjualan dapat memudahkan dan meminimalkan kesalahan dalam pencatatan transaksi rutin, memudahkan pimpinan dalam pengambilan keputusan, serta adanya pengendalian hak akses dalam pencatatan transaksi sehingga pembagian tugas dan wewenang akan jelas.