Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Pengendalian Persediaan

(Studi pada Terrace Restaurant)

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Penjualan
Penulis: Poety A. Sari
Program Studi Ganda Akuntansi dan Sistem Informasi Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Seiring perkembangan zaman, peranan teknologi informasi menjadi semakin penting dalam dunia bisnis. Sebuah teknologi informasi yang tepat dapat dapat menyediakan informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk pengambilan keputusan-keputusan strategis dan mendukung kinerja perusahaan menjadi lebih baik. Hal tsb bertujuan agar perusahaan bisa mendapatkan hasil usaha yang maksimal sehingga visi dan misi perusahaan tercapai.

Perusahaan membutuhkan sistem informasi yang sesuai dalam persaingan dunia bisnis yang semakin ketat sehingga dapat menunjang kinerja perusahaan. Terrace Restaurant merupakan restoran yang bergerak di bidang penjualan makanan dan minuman. Terrace Restaurant mengalami kesulitan di dalam menangani transaksi penjualan, persediaan dan sebagainya. Cara manual yang digunakan selama ini sudah tidak mendukung kegiatan bisnis pada Terrace Restaurant disebabkan jumlah volume transaksi yang besar tanpa disertai dengan jumlah sumber daya manusia (SDM) yang cukup. Selain masalah tsb, pesanan penjualan pada Terrace Restaurant tidak jarang mengalami pembatalan karena tidak tersedianya bahan baku. Permasalahan permasalahan tsb disebabkan karena belum adanya aplikasi yang dapat mengintegrasikan data dari bagian-bagian yang ada pada Terrace Restaurant.

Sebagai bahan pertimbangan untuk mengurangi masalah yang terjadi, hal yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat sebuah aplikasi untuk Sistem Informasi Penjualan dan Pengendalian Persediaan yang dapat mengintegrasikan data dari bagian penjualan, bagian persediaan, bagian dapur, dan bagian keuangan. Dalam merancang aplikasi tersebut, metode analisis dan perancangan yang diajukan menggunakan konsep berorientasi objek dan dipresentasikan melalui notasi Unified Modelling Language (UML).

Dengan menggunakan aplikasi yang baru diharapkan 1) membantu memecahkan masalah pada prosedur yang berjalan, 2) pengendalian atas persediaan bahan baku dapat dilakukan dengan semaksimal mungkin, 3) pesanan pelanggan dapat dilayani dengan cepat, 4) memudahkan manajemen dalam mendapatkan informasi dengan lebih cepat dan akurat, dan 5) membantu manajemen dalam menganalisa perkembangan usaha dan mengambil keputusan. Dengan hal tersebut, diharapkan Terrace Restaurant dapat tetap kompetitif dalam persaingan bisnis dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggannya.