Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Piutang Usaha

(Studi pada PT. Stora Adhiswara)

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi Penjualan
Penulis: Indaryani
Program Studi Ganda Akuntansi dan Sistem Informasi Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Dunia berkembang semakin pesat dalam era globalisasi ini. Kemajuan dan pembaharuan ditemukan di berbagai bidang. Masyarakat pun dituntut untuk bekerja dengan efektif dan efisien seiring dengan perkembangan itu sehingga membutuhkan sistem informasi yang handal. Sistem informasi berfungsi untuk mengumpulkan dan menyimpan data aktivitas yang dilaksanakan organisasi, kemudian mengubah data tersebut menjadi informasi yang berguna untuk pihak-pihak yang membutuhkannya. Salah satunya sistem informasi yang penting keberadaannya bagi sebuah organisasi adalah sistem informasi akuntansi. Sistem informasi akuntansi yang baik dibutuhkan untuk menunjang kinerja dari organisasi tersebut. Sistem informasi akuntansi merupakan suatu sistem terstruktur yang dalam kesatuan usaha bisnis digunakan untuk membantu pelaksanaan kegiatan operasional perusahaan sehari – hari. Sistem ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan dari sudut pandang akuntansi sesuai kebutuhan organisasi dan membantu pihak manajamen dalam melakukan pengambilan keputusan.

PT. Stora Adhiswara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perekaman dan penggandaan jenis audio seperti kaset rohani, CD / VCD / DVD rohani. Seluruh produksi perusahaan tersebut didistribusikan dengan label “MARANATHA”.

Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu penelitian lapangan dengan menganalisis prosedur yang terjadi di lapangan sesuai ruang lingkup pembahasaan dan mendokumentasikan dokumen – dokumen yang terkait di dalamnya. Dilakukan pula wawancara dengan para pihak terkait agar penulis memperoleh pemahaman yang baik mengenai prosedur yang berjalan di perusahaan saat ini. Hasil penelitian tersebut akan dibandingkan dengan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan solusi dari masalah yang ada di perusahaan tersebut.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perusahaan mengalami kesulitan dalam memperoleh informasi akuntansi penjualan dan piutang usaha. Hal ini disebabkan tidak adanya arus informasi atau link antara bagian yang terkait serta laporan – laporan yang dapat membantu manager dalam pengambilan keputusan dan penggunaan komputer yang hanya terbatas pada pencetakan transaksi yang terjadi. Karenanya penulis mengusulkan agar sistem informasi akuntansi perlu diperbaiki dengan menerapkan sistem yang terkomputerisasi. Penulis berharap agar sistem yang dirancang mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari kegiatan penjualan dan piutang usaha PT. Stora Adhiswara. Selain itu aplikasi yang dibangun harus didukung oleh kredibilitas sumber daya manusia (SDM) sehingga hasil yang optimal dapat tercapai.